STMIK AKAKOM

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019/2020

Daftar Sekarang!

TEKNIK INFORMATIKA (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Rekayasa Perangkat dan Sistem Cerdas

Info lebih lanjut: ti.akakom.ac.id

SISTEM INFORMASI (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Sistem informasi Bisnis dan Sistem informasi Manajemen

Info lebih lanjut: si.akakom.ac.id

MANAJEMEN INFORMATIKA (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Sistem informasi Bisnis berbasis desktop dan multimedia

TEKNIK KOMPUTER (Terakreditasi B)

Konsentrasi di jaringan komputer dan Mikrokontroller

KOMPUTERISASI AKUNTANSI (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Sistem Informasi Akuntansi

Info Pendaftaran

STMIK AKAKOM Yogyakarta menerima mahasiswa baru untuk tahun akademik 2019/2020 yang dapat dilakukan secara online melalui pmb.akakom.ac.id atau datang langsung ke Kampus STMIK AKAKOM Yogyakarta
Jl Raya Janti No 143 Karang Jambe Yogyakarta 55198.

PERIODE AWAL AKHIR
GELOMBANG KHUSUS Senin, 15 Oktober 2018 Sabtu, 13 April 2019
GELOMBANG 1 Minggu, 14 April 2019 Rabu, 29 Mei 2019

Informasi

  • Biaya pendaftaran mahasiswa Baru adalah sebesar Rp. 200.000 (Dua Ratus Ribu rupiah)

Syarat dan Cara Pendaftaran

STMIK AKAKOM membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk lulusan SMA/MA/SMK sederajat dari semua program studi/jurusan. Pendaftaran dilakukan dengan
  1. Mengisi form pendaftaran di pmb.akakom.ac.id (Daftar Sekarang)
  2. Datang langsung ke Kampus STMIK AKAKOM
Syarat Pendaftaran
  1. Fotocopy Raport/SKHUN

Pendaftaran Ulang (Registrasi)

Registrasi dilakukan setelah calon mahasiswa dinyatakan diterima di STMIK AKAKOM Yogyakarta dan melakukan pembayaran biaya pendidikan tahap 1. Kemudian calon diwajibkan untuk melengkapi dokumen berikut:

  • 2 lembar fotocopy IJAZAH SMA/ SMK/ MA yang telah di legalisir
  • 2 lembar fotocopy NILAI UJIAN NASIONAL (SKHUN) SMA/ SMK/ MA yang telah dilegalisir
  • 2 lembar fotocopy AKTE KELAHIRAN yang telah dilegalisir
  • 3 lembar pas foto ukuran 3 x 4 berwarna
  • 1 buah materai 6000
  • Surat bebas narkoba (dengan tes urine) dari laboratorium
  • Fotocopy Kartu Keluarga 1 lembar
  • Fotocopy Transkrip Nilai (Bagi Alih Jalur)
  • Fotokopy Ijazah D3/Surat Keterangan Pindah (Bagi Alih Jalur)

Alih Jalur dan Pindahan

  1. Alih Jalur
  2. Mahasiswa alih jalur adalah mahasiswa pindah jenjang dari D-3 STMIK AKAKOM (dalam) atau bukan STMIK AKAKOM (luar) ke S-1 STMIK AKAKOM, dan yang bersangkutan telah dinyatakan lulus D3.

      SYARAT
      1. Telah lulus D-3 dengan jurusan/program studi yang sesuai (dari kategori fakultas teknik / informatika)
      2. Calon peserta alih jalur akan diseleksi dengan pertimbangan kondisi calon, seperti:
        1. Kesesuaian jurusan/program studi
        2. Indeks prestasi kumulatif ≥ 2,75 (apabila IP < 2,75, sebelum mendaftar harus membuat surat permohonan untuk alih jalur ke Waket I dan disetujui)
        3. Transkrip nilai
      3. Mata kuliah yang diselesaikan bagi mahasiswa alih jalur adalah mata kuliah tingkat sarjana, termasuk mata kuliah wajib pada jenjang sarjana pada tingkat bawahnya. Sebagai bahan pertimbangan, beban mata kuliah yang harus diambil oleh setiap peserta dikaitkan dengan bobot mata kuliah D-3 dan tingkat kesetaraan mata kuliah
      4. Beban studi yang dapat diambil untuk pertama kali maksimal 21 SKS
      5. Pembayaran SPP Untuk Alih Jalur dari Luar disesuaikan dengan mahasiswa baru dengan tahun masuk
      6. Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA) untuk alih jalur mengikuti kebijakan yang ditetapkan saat pendaftaran

    * Bagi mahasiswa alih jalur dari dalam, dikenakan SPA 25% dari SPA mahasiswa baru dan besaran SPP yang disesuaikan dengan besaran SPP saat tahun masuk. Sedangkan mahasiswa alih jalur dari luar dikenakan SPA 50% dari SPA mahasiswa baru dan besaran SPP yang disesuaikan dengan besaran SPP saat tahun masuk.

  3. Pindahan
  4. Mahasiswa pindahan adalah mahasiswa dari luar STMIK AKAKOM atau dari STMIK AKAKOM yang pindah ke STMIK AKAKOM dan yang bersangkutan belum dinyatakan lulus.

      SYARAT
      1. Berasal dari jurusan/program studi yang sesuai
      2. Bersedia menerima hasil evaluasi nilai (anfulen) yang telah disesuaikan dengan kurikulum STMIK AKAKOM (Mata kuliah yang diakui adalah mata kuliah yang materinya sama/setara dengan jenjang/jurusan baru dan proses anfulen ini dilakukan oleh Ketua Jurusan)
      3. Untuk mahasiswa Pindahan dari dalam, SPP disesuaikan dengan mahasiswa baru
      4. Untuk mahasiswa Pindahan dari Luar, SPP dan SPA disesuaikan dengan mahasiswa baru
      5. Untuk mahasiswa pindah ke jenjang yang lebih tinggi (D-3 ke S-1) IP kumulatif minimal 2,75

    * Bagi mahasiswa pindahan, dikenakan SPA sesuai kebijakan saat pendaftaran (bergantung kepada lama studi yang masih harus ditempuh) dan besaran SPP disesuaikan dengan besaran SPP saat tahun masuk

Lain-lain

Pembatalan Kuliah

Pembatalan kuliah yang terjadi setelah mahasiswa melakukan daftar ulang dan telah membayarkan biaya registrasi awal, maka segala biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun juga.

Info Biaya

Komponen Biaya Pendidikan

Komponen biaya kuliah meliputi biaya Besaran Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA) dan Biaya Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP)

  1. SPA (Sumbangan Pengembangan Akademik) yang dibayar 1x selama menjadi mahasiswa dan dapat diangsur sebanyak 4x dalam 2 semester.
  2. SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan) per semester sebesar
    • Rp. 3.700.000/ semester untuk jenjang Strata 1
    • Rp. 3.000.000/semester untuk jenjang Diploma 3
    Besaran SPP ini besarnya tetap setiap semesternya dan tidak akan naik selama kuliah.

Besaran Biaya Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP)

Program Studi SPP/Semester
Teknik Informatika – S1 Rp 3.700.000
Sistem Informasi - S1 Rp 3.700.000
Teknik Komputer - D3 Rp 3.000.000
Manajemen Informatika - D3 Rp 3.000.000
Komputerisasi Akuntansi - D3 Rp 3.000.000

Besaran Biaya Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA)

Besaran SPA (dapat diangsur 4x dalam 1 tahun)
Program Study Mahasiswa Baru Alih Jalur (Lulus D3) Pindahan (Belum Lulus)
Luar Dalam Luar Dalam
Teknik Informatika - S1 Rp 16.000.000 Rp 8.000.000 Rp 4.000.000
Menyesuaikan dengan lama studi (semester)
yang masih harus ditempuh
Sistem Informasi - S1 Rp 16.000.000 Rp 8.000.000 Rp 4.000.000
Teknik Komputer - D3 Rp 13.000.000  
Manajemen Informatika - D3 Rp 13.000.000
Komputerisasi Akuntansi - D3 Rp 13.000.000
KETENTUAN BIAYA KULIAH
  1. SPA dapat diangsur selama 4 kali dalam tahun pertama dengan ketentuan sebagai berikut :
  2. - Tahap pertama sebesar 30% sebelum 15 Oktober 2019
    - Tahap kedua sebesar 30% sebelum 15 Desember 2019
    - Tahap ketiga sebesar 20% sebelum 15 April 2020
    - Tahap keempat sebesar 20% sebelum 15 Juni 2020
  3. Pembayaran SPP semester 1 dibayarkan saat registrasi/ daftar ulang. SPP semester berikutnya dibayarkan sebelum pengisian Kartu Rencana Studi (KRS).
  4. Waktu pembayaran SPP ditentukan oleh kalender akademik yang akan diperoleh mahasiswa saat kuliah perdana.
  5. Biaya kuliah tidak termasuk dengan biaya sertifikasi dan Wisuda.
CARA PEMBAYARAN SPA DAN SPP TAHUN 1
SEMESTER 1 SEMESTER 2
Pembayaran 1 Pembayaran 2 Pembayaran 3 Pembayaran 4 Pembayaran 5 Pembayaran 6
SPP 30% (SPA-POT) 30% (SPA-POT) SPP 20% (SPA-POT) 20% (SPA-POT)
Saat Registrasi 15 Oktober 2019 15 Desember 2019 15 Februari 2020 15 April 2020 15 Juni 2020

Beasiswa

STMIK AKAKOM Yogyakarta memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi. Beasiswa diberikan pada saat sebelum menjadi mahasiswa (pendaftaran) dan beasiswa yang diberikan setelah menjadi mahasiswa. Beasiswa yang disediakan pada saat sebelum menjadi mahasiswa (pendaftaran) ada 2 yaitu

  1. Beasiswa Bidikmisi
  2. Beasiswa Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan bekerja sama dengan STMIK AKAKOM YOGYAKARTA bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik. Program ini diselenggarakan di sejak tahun 2014

    Bantuan biaya pendidikan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 6 semester untuk program diploma (D3). Beasiswa ini berupa pembebasan dari seluruh biaya pendidikan selama di perguruan tinggi. Selain itu, mahasiswa penerima beasiswa juga menerima bantuan uang saku untuk biaya hidup yang diterimanya setiap 3 bulan sekali.

    Persyaratan Calon Penerima
    1. Warga Negara Indonesia
    2. Siswa SMA/SMK/MA/MAK dan sederajat lulus pada tahun ajaran 2018/2019 dan 2017/2018
    3. Wajib terdaftar di sistem Bidikmisi
    4. Mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP)
    5. Belum pernah ditetapkan sebagai penerima beasiswa Bidikmisi di Perguruan Tinggi penyelengara Bidikmisi di tahun ajaran sebelumnya.
    6. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
    7. Pendaftar memilih salah satu program studi di STMIK AKAKOM yang masuk dalam kuota Bidikmisi
    8. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria sebagai berikut :
      1. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp 4.000.000,- per bulan. Pendapatam yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir.
      2. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp 750.000,-setiap bulannya.
    9. Pendidikan orangtua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
    10. Berpotensi akademik baik, yaitu direkomendasikan sekolah.

    Jadwal Pendaftaran dan Seleksi
    No Tahapan Tanggal
    1 Pendaftaran BIDIKMISI STMIK AKAKOM 22 Mei 2019 – 15 Juli 2019
    2 Seleksi Administrasi 17 Juli – 24 Juli 2019
    3 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi (Tahap 1) 25 Juli 2019
    4 Survei Lapangan 29 Juli 2019 – 11 Agustus 2019
    5 Pengumuman Akhir Kelolosan BIDIKMISI (Tahap 2) 16 Agustus 2019
    6 Pemberkasan 19 Agustus 2019 - 27 Agustus 2019
    7 Kuliah Perdana 2 September 2019
    Pendaftaran BIDIKMISI melalui sistem bidikmisi di laman web https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
    Calon yang dinyatakan lolos seleksi administrasi wajib bersedia untuk dilakukan survei lapangan/kunjungan lapangan oleh TIM dari STMIK AKAKOM. Calon yang telah dinyatakan lolos tahap survei lapangan, maka dinyatakan telah diterima di STMIK AKAKOM melalui jalur bidikmisi.
  3. Beasiswa Yayasan
  4. Jalur ini memberikan beasiswa penuh berupa pembebasan biaya gedung dan SPP tiap semester kepada calon mahasiswa baru dengan ketentuan :

    1. Beasiswa hanya diberikan selama maksimal 6 semester, apabila melebihi, maka biaya kuliah pada semester 7 akan menjadi tanggungan mahasiswa
    2. Penerima beasiswa adalah warga negara Indonesia
    3. Penerima beasiswa adalah calon mahasiswa STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
    4. Beasiswa diberikan kepada calon mahasiswa untuk jenjang Diploma 3
    5. Beasiswa yang diberikan meliputi bebas Sumbangan Pengembangan Akademik.
    6. Penerima diwajibkan membayar SPP pada semester 1, sedangkan SPP pada semester 2 dan seterusnya ditentukan dengan Indeks Prestasi Semester (IPS)
    7. Penerima beasiswa harus memiliki Indeks Prestasi Semester (IPS) minimal 3.50 ditiap semesternya.
    8. Beasiswa tidak meliputi biaya Pendaftaran sebagai calon mahasiswa, biaya wisuda, biaya remidi (jika ada), biaya sertifikasi (NIIT, CISCO, ORACLE, DOT), outbound dan biaya lain lain yang ditimbulkan oleh proses perkuliahan
    9. Selama menerima beasiswa tidak diperkenankan menerima beasiswa lain dari manapun
    10. Selama menerima beasiswa tidak diperkenankan untuk melakukan cuti, atau mengundurkan diri dari STMIK AKAKOM
    11. Beasiswa hanya diberikan selama maksimal 6 semester, apabila melebihi, maka biaya kuliah pada semester 7 akan menjadi tanggungan mahasiswa


    Syarat Pendaftaran

    1. Merupakan lulusan SMA/SMK/MA dalam 2 (dua) tahun terakhir.
    2. Memiliki nilai Raport semester 1- 4 rata rata 7,50
    3. Berasal dari keluarga tidak mampu ditunjukan dengan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan
    4. Bersedia untuk memiliki indeks prestasi semester minimal 3,50
    5. Memiliki surat rekomendasi/pengantar dari sekolah
    6. Memiliki sertifikat/prestasi tambahan sebagai pendukung


    Cara Pendaftaran

    1. Calon mendaftarkan diri ke STMIK AKAKOM via Online di PMB.AKAKOM.AC.ID atau datang langsung ke STMIK AKAKOM
    2. Menyerahkan FotoCopy Raport semua semester yang telah di legalisir
    3. Menyerahkan Fotocopy SKHUN/SKL yang telah dilegalisir
    4. Menyerahkan surat keterangan tidak mampu
    5. Mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah yang dibuktikan dengan surat pengantar dari sekolah
    6. Dokumen diatas dapat diserahkan langsung atau dikirimkan ke :
    7. PANITA PENERIMAAN MAHASISWA BARU STMIK AKAKOM Yogyakarta Jl Raya Janti No. 143 Karangjambe Yogyakarta
    8. Bersedia mengikuti proses pendaftaran dan syarat yang telah ditetapkan di kampus STMIK AKAKOM sebagai calon mahasiswa baru termasuk seleksi jika diperlukan
    9. Pendaftaran untuk beasiswa Yayasan Pendidikan Widya Bakti selambat lambatnya 20 Juli 2019. Selanjutnya akan diseleksi dan diumumkan pada 17 Agustus 2019 melalui laman resmi web www.akakom.ac.id dan akun resmi media sosial STMIK AKAKOM


    Selain beasiswa diatas, juga disediakan beasiswa bagi mahasiswa yang telah menjadi mahasiswa dan menempuh minimal 2 semester yaitu :

    1. Beasiswa PPA
    2. Beasiswa BBM
    3. Beasiswa Alumni
    4. Beasiswa TOKOPEDIA
    5. Beasiswa DIKPORA
    6. Beasiswa Yayasan Pendidikan Widya Bakti
    7. Beasiswa Pelopor/Aktifis Kampus

Sekilas STMIK Akakom

SEKOLAH TINGGI Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan di bawah Yayasan Pendidikan Widya Bakti. Pada saat sekarang ini SEKOLAH TINGGI Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM lebih dikenal dengan STMIK AKAKOM, lahir pada 30 Juni 1979. Selain keinginan menumbuhkembangkan misi untuk menyebarluaskan informasi serta teknologi komputer, STMIK AKAKOM selalu mengupayakan kepada mahasiswa agar mendapatkan kesempatan yang luas untuk mengembangkan kreativitas serta inovasi yang didukung dengan peralatan modern dan teknologi informasi. Melalui Tridharma Perguruan Tinggi STMIK AKAKOM memiliki visi dan misi mencetak tenaga – tenaga profesional di bidang informatika dan komputer. Dengan semboyan Code for Life dan berprinsip pada “Yang Pertama dan Utama”, Perguruan Tinggi STMIK AKAKOM telah memiliki 5 program studi yang dipersiapkan untuk mencetak lulusan yang berintegritas dalam bidang akademis untuk lebih mengembangkan ilmu teknologi dan informatika.

Fasilitas kampus
  • Laboratorium Terpadu 4 Lantai
  • Perpustakan
  • Klinik Mahasiswa
  • Student Lounge
  • Akses Internet tanpa kabel (WiFi)
  • Auditorium Olahraga (Bale Lantip)