STMIK AKAKOM

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019/2020

Daftar Sekarang!

TEKNIK INFORMATIKA (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Rekayasa Perangkat dan Sistem Cerdas

Info lebih lanjut: ti.akakom.ac.id

SISTEM INFORMASI (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Sistem informasi Bisnis dan Sistem informasi Manajemen

Info lebih lanjut: si.akakom.ac.id

MANAJEMEN INFORMATIKA (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Sistem informasi Bisnis berbasis desktop dan multimedia

TEKNIK KOMPUTER (Terakreditasi B)

Konsentrasi di jaringan komputer dan Mikrokontroller

KOMPUTERISASI AKUNTANSI (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Sistem Informasi Akuntansi

Info Pendaftaran

STMIK AKAKOM Yogyakarta menerima mahasiswa baru untuk tahun akademik 2019/2020 yang dapat dilakukan secara online melalui pmb.akakom.ac.id atau datang langsung ke Kampus STMIK AKAKOM Yogyakarta
Jl Raya Janti No 143 Karang Jambe Yogyakarta 55198.

PERIODE AWAL AKHIR
GELOMBANG KHUSUS Senin, 15 Oktober 2018 Sabtu, 13 April 2019

Informasi

  • Biaya pendaftaran mahasiswa Baru adalah sebesar Rp. 200.000 (Dua Ratus Ribu rupiah)

Syarat dan Cara Pendaftaran

STMIK AKAKOM membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk lulusan SMA/MA/SMK sederajat dari semua program studi/jurusan. Pendaftaran dilakukan dengan
  1. Mengisi form pendaftaran di pmb.akakom.ac.id (Daftar Sekarang)
  2. Datang langsung ke Kampus STMIK AKAKOM
Syarat Pendaftaran
  1. Fotocopy Raport/SKHUN

Pendaftaran Ulang (Registrasi)

Registrasi dilakukan setelah calon mahasiswa dinyatakan diterima di STMIK AKAKOM Yogyakarta dan melakukan pembayaran biaya pendidikan tahap 1. Kemudian calon diwajibkan untuk melengkapi dokumen berikut:

  • 2 lembar fotocopy IJAZAH SMA/ SMK/ MA yang telah di legalisir
  • 2 lembar fotocopy NILAI UJIAN NASIONAL (SKHUN) SMA/ SMK/ MA yang telah dilegalisir
  • 2 lembar fotocopy AKTE KELAHIRAN yang telah dilegalisir
  • 3 lembar pas foto ukuran 3 x 4 berwarna
  • 1 buah materai 6000
  • Surat bebas narkoba (dengan tes urine) dari laboratorium
  • Fotocopy Kartu Keluarga 1 lembar
  • Fotocopy Transkrip Nilai (Bagi Alih Jalur)
  • Fotokopy Ijazah D3/Surat Keterangan Pindah (Bagi Alih Jalur)

Alih Jalur dan Pindahan

  1. Alih Jalur
  2. Mahasiswa alih jalur adalah mahasiswa pindah jenjang dari D-3 STMIK AKAKOM (dalam) atau bukan STMIK AKAKOM (luar) ke S-1 STMIK AKAKOM, dan yang bersangkutan telah dinyatakan lulus D3.

      SYARAT
      1. Telah lulus D-3 dengan jurusan/program studi yang sesuai (dari kategori fakultas teknik / informatika)
      2. Calon peserta alih jalur akan diseleksi dengan pertimbangan kondisi calon, seperti:
        1. Kesesuaian jurusan/program studi
        2. Indeks prestasi kumulatif ≥ 2,75 (apabila IP < 2,75, sebelum mendaftar harus membuat surat permohonan untuk alih jalur ke Waket I dan disetujui)
        3. Transkrip nilai
      3. Mata kuliah yang diselesaikan bagi mahasiswa alih jalur adalah mata kuliah tingkat sarjana, termasuk mata kuliah wajib pada jenjang sarjana pada tingkat bawahnya. Sebagai bahan pertimbangan, beban mata kuliah yang harus diambil oleh setiap peserta dikaitkan dengan bobot mata kuliah D-3 dan tingkat kesetaraan mata kuliah
      4. Beban studi yang dapat diambil untuk pertama kali maksimal 21 SKS
      5. Pembayaran SPP Untuk Alih Jalur dari Luar disesuaikan dengan mahasiswa baru dengan tahun masuk
      6. Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA) untuk alih jalur mengikuti kebijakan yang ditetapkan saat pendaftaran

    * Bagi mahasiswa alih jalur dari dalam, dikenakan SPA 25% dari SPA mahasiswa baru dan besaran SPP yang disesuaikan dengan besaran SPP saat tahun masuk. Sedangkan mahasiswa alih jalur dari luar dikenakan SPA 50% dari SPA mahasiswa baru dan besaran SPP yang disesuaikan dengan besaran SPP saat tahun masuk.

  3. Pindahan
  4. Mahasiswa pindahan adalah mahasiswa dari luar STMIK AKAKOM atau dari STMIK AKAKOM yang pindah ke STMIK AKAKOM dan yang bersangkutan belum dinyatakan lulus.

      SYARAT
      1. Berasal dari jurusan/program studi yang sesuai
      2. Bersedia menerima hasil evaluasi nilai (anfulen) yang telah disesuaikan dengan kurikulum STMIK AKAKOM (Mata kuliah yang diakui adalah mata kuliah yang materinya sama/setara dengan jenjang/jurusan baru dan proses anfulen ini dilakukan oleh Ketua Jurusan)
      3. Untuk mahasiswa Pindahan dari dalam, SPP disesuaikan dengan mahasiswa baru
      4. Untuk mahasiswa Pindahan dari Luar, SPP dan SPA disesuaikan dengan mahasiswa baru
      5. Untuk mahasiswa pindah ke jenjang yang lebih tinggi (D-3 ke S-1) IP kumulatif minimal 2,75

    * Bagi mahasiswa pindahan, dikenakan SPA sesuai kebijakan saat pendaftaran (bergantung kepada lama studi yang masih harus ditempuh) dan besaran SPP disesuaikan dengan besaran SPP saat tahun masuk

Lain-lain

Pembatalan Kuliah

Pembatalan kuliah yang terjadi setelah mahasiswa melakukan daftar ulang dan telah membayarkan biaya registrasi awal, maka segala biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun juga.

Info Biaya

Komponen Biaya Pendidikan

Komponen biaya kuliah meliputi biaya Besaran Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA) dan Biaya Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP)

  1. SPA (Sumbangan Pengembangan Akademik) yang dibayar 1x selama menjadi mahasiswa dan dapat diangsur sebanyak 4x dalam 2 semester.
  2. SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan) per semester sebesar
    • Rp. 3.700.000/ semester untuk jenjang Strata 1
    • Rp. 3.000.000/semester untuk jenjang Diploma 3
    Besaran SPP ini besarnya tetap setiap semesternya dan tidak akan naik selama kuliah.

Besaran Biaya Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP)

Program Studi SPP/Semester
Teknik Informatika – S1 Rp 3.700.000
Sistem Informasi - S1 Rp 3.700.000
Teknik Komputer - D3 Rp 3.000.000
Manajemen Informatika - D3 Rp 3.000.000
Komputerisasi Akuntansi - D3 Rp 3.000.000

Besaran Biaya Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA)

Besaran SPA (dapat diangsur 4x dalam 1 tahun)
Program Study Mahasiswa Baru Alih Jalur (Lulus D3) Pindahan (Belum Lulus)
Luar Dalam Luar Dalam
Teknik Informatika - S1 Rp 16.000.000 Rp 8.000.000 Rp 4.000.000
Menyesuaikan dengan lama studi (semester)
yang masih harus ditempuh
Sistem Informasi - S1 Rp 16.000.000 Rp 8.000.000 Rp 4.000.000
Teknik Komputer - D3 Rp 13.000.000  
Manajemen Informatika - D3 Rp 13.000.000
Komputerisasi Akuntansi - D3 Rp 13.000.000
KETENTUAN BIAYA KULIAH
  1. SPA dapat diangsur selama 4 kali dalam tahun pertama dengan ketentuan sebagai berikut :
  2. - Tahap pertama sebesar 30% sebelum 15 Oktober 2019
    - Tahap kedua sebesar 30% sebelum 15 Desember 2019
    - Tahap ketiga sebesar 20% sebelum 15 April 2020
    - Tahap keempat sebesar 20% sebelum 15 Juni 2020
  3. Pembayaran SPP semester 1 dibayarkan saat registrasi/ daftar ulang. SPP semester berikutnya dibayarkan sebelum pengisian Kartu Rencana Studi (KRS).
  4. Waktu pembayaran SPP ditentukan oleh kalender akademik yang akan diperoleh mahasiswa saat kuliah perdana.
  5. Biaya kuliah tidak termasuk dengan biaya sertifikasi dan Wisuda.
CARA PEMBAYARAN SPA DAN SPP TAHUN 1
SEMESTER 1 SEMESTER 2
Pembayaran 1 Pembayaran 2 Pembayaran 3 Pembayaran 4 Pembayaran 5 Pembayaran 6
SPP 30% (SPA-POT) 30% (SPA-POT) SPP 20% (SPA-POT) 20% (SPA-POT)
Saat Registrasi 15 Oktober 2019 15 Desember 2019 15 Februari 2020 15 April 2020 15 Juni 2020

Beasiswa

STMIK AKAKOM Yogyakarta memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi. Beasiswa yang disediakan ada 2 yaitu

  1. Jalur Beasiswa Bidikmisi
  2. Jalur ini memberikan beasiswa penuh berupa pembebasan biaya kuliah kepada calon mahasiswa baru dengan ketentuan jadwal dan syarat pendaftaran mengacu pada halaman web BIDIKMISI. Seleksi dilakukan dengan melihat pada nilai UN dan Raport serta syarat pendukung lain.
  3. Jalur Beasiswa Yayasan
  4. Jalur ini memberikan beasiswa penuh berupa pembebasan biaya gedung dan SPP tiap semester kepada calon mahasiswa baru dengan ketentuan/syarat

    - Merupakan lulusan SMA/SMK/MA dalam 2 (dua) tahun terakhir.
    - Memiliki nilai Raport semester 1- 4 rata rata 7,50
    - Berasal dari keluarga tidak mampu ditunjukan dengan surat keterangan tidak mampu
    - Bersedia untuk memiliki indeks prestasi semester minimal 3,50

    Cara Pendaftaran

    - Melakukan pendaftaran dengan membasa semua syarat diatas paling lambat 28 Februari 2019
    - Dokumen akan diseleksi secara administrasi
    - Pengumuman calon yang lolos administrasi tanggal 20 Maret 2019
    - Calon yang dinyatakan lolos harus melakukan daftar ulang.
    - Tanggal daftar ulang akan di tentukan saat pengumuman kelolosan
    - Berkas harus dikirimkan via pos ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STMIK AKAKOM YOGYAKARTA, Jl Raya Janti 143 Karangjambe Yogyakarta

Sekilas STMIK Akakom

SEKOLAH TINGGI Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan di bawah Yayasan Pendidikan Widya Bakti. Pada saat sekarang ini SEKOLAH TINGGI Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM lebih dikenal dengan STMIK AKAKOM, lahir pada 30 Juni 1979. Selain keinginan menumbuhkembangkan misi untuk menyebarluaskan informasi serta teknologi komputer, STMIK AKAKOM selalu mengupayakan kepada mahasiswa agar mendapatkan kesempatan yang luas untuk mengembangkan kreativitas serta inovasi yang didukung dengan peralatan modern dan teknologi informasi. Melalui Tridharma Perguruan Tinggi STMIK AKAKOM memiliki visi dan misi mencetak tenaga – tenaga profesional di bidang informatika dan komputer. Dengan semboyan Code for Life dan berprinsip pada “Yang Pertama dan Utama”, Perguruan Tinggi STMIK AKAKOM telah memiliki 5 program studi yang dipersiapkan untuk mencetak lulusan yang berintegritas dalam bidang akademis untuk lebih mengembangkan ilmu teknologi dan informatika.

Fasilitas kampus
  • Laboratorium Terpadu 4 Lantai
  • Perpustakan
  • Klinik Mahasiswa
  • Student Lounge
  • Akses Internet tanpa kabel (WiFi)
  • Auditorium Olahraga (Bale Lantip)