STMIK AKAKOM

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2018/2019

Melalui Website ini Anda dapat mendapatkan informasi jurusan, biaya, beasiswa, pendaftaran secara online dan informasi lain yang terkait. Sebelum melakukan pendaftaran silahkan baca informasi terlebih dahulu.

Daftar Sekarang!

TEKNIK INFORMATIKA (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Rekayasa Perangkat dan Sistem Cerdas

SISTEM INFORMASI (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Sistem informasi Bisnis dan Sistem informasi Manajemen

MANAJEMEN INFORMATIKA (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Sistem informasi Bisnis berbasis desktop dan multimedia

TEKNIK KOMPUTER (Terakreditasi B)

Konsentrasi di jaringan komputer dan Mikrokontroller

KOMPUTERISASI AKUNTANSI (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Sistem Informasi Akuntansi

Info Pendaftaran

STMIK AKAKOM Yogyakarta menerima mahasiswa baru untuk tahun Akademik 2018/2019. Pendaftaran dapat dilakukan di Kampus STMIK AKAKOM Yogyakarta, Jalan Raya Janti No.143, Karang Jambe, Yogyakarta 55198.

Pendaftaran mahasiswa baru dimulai 15 Desember 2017 – 16 Agustus 2018.
Biaya Formulir Pendaftaran: Rp 200.000

Informasi

  • Biaya pendaftaran mahasiswa Baru adalah sebesar Rp. 200.000 (Dua Ratus Ribu rupiah)
  • Pendaftaran sebelum Ujian Nasional (UN), Formulir discount 50% atau menjadi Rp. 100.000 (Seratus Ribu Rupiah)
  • Registrasi sebelum Ujian Nasional (UN), discount tambahan untuk SPA sebesar 5%

Jalur Pendaftaran

  • Jalur Beasiswa : Surat rekomendasi dari Sekolah dan surat keterangan dari lingkungan (Bebas Tes)
  • Jalur Unggulan : Rapor kelas X dan XI / Nilai UN / Piagam Prestasi dan Penghargaan (Bebas Tes & discount up 100%)
  • Jalur Khusus : Tes masuk dilakukan disekolah saat kunjungan
  • Jalur Reguler : Tes masuk dilakukan di kampus setiap hari pada jam kerja dengan sistem CBT (Computer Based Test)
Catatan
  • Tes yang diselenggarakan menggunakan komputer sehingga hasil tes dapat diketahui secara langsung. Waktu yang disediakan untuk peserta maksimal 60 menit.
  • Materi tes meliputi kemampuan belajar (kemampuan verbal, penalaran, kuantitatif dan Bahasa Inggris)
  • Jadwal tes setiap hari kerja (Senin – Jumat) pukul 08.00 – 15.00 WIB. di kampus STMIK AKAKOM, Jl Raya Janti No 143, Bantul, D.I Yogyakarta 55198 ataupun online

Pendaftaran Ulang (Registrasi)

Registrasi dilakukan setelah calon mahasiswa dinyatakan diterima di STMIK AKAKOM Yogyakarta dan melakukan pembayaran biaya pendidikan tahap 1. Kemudian calon diwajibkan untuk melengkapi dokumen berikut:

  • 2 lembar fotocopy IJAZAH SMU/ SMK/ MA yang telah di legalisir
  • 2 lembar fotocopy NILAI UJIAN SMU/ SMK/ MA yang telah dilegalisir
  • 2 lembar fotocopy AKTE KELAHIRAN yang telah dilegalisir
  • 1 lembar pas foto ukuran 2 x 3 berwarna
  • 3 lembar pas foto ukuran 3 x 4 berwarna
  • 2 lembar pas foto ukuran 3 x 4 hitam putih
  • 2 lembar fotocopy SURAT KETERANGAN PINDAH bagi mahasiswa pindahan dari luar STMIK AKAKOM
  • 1 buah materai @ 6000
  • Surat bebas narkoba (dengan tes urine)
  • 2 lembar fotocopy IJAZAH dari Perguruan Tinggi Asal yang telah di legalisir bagi ALIH JALUR
  • 2 lembar fotocopy transkrip nilai terakhir dari Perguruan Tinggi Asal yang telah di legalisir bagi ALIH JALUR dan PINDAHAN
  • 1 Lembar Fotokopi Kartu Keluarga
  • Khusus WNA (Warga Negara Asing), memberikan fotocopy Paspor dan memberikan jaminan (diatur dengan ketentuan tersendiri)

Alih Jalur dan Pindahan

  1. Alih Jalur
  2. Mahasiswa alih jalur adalah mahasiswa pindah jenjang dari D-3 STMIK AKAKOM (dalam) atau bukan STMIK AKAKOM (luar) ke S-1 STMIK AKAKOM, dan yang bersangkutan telah dinyatakan lulus D3.

      SYARAT
      1. Telah lulus D-3 dengan jurusan/program studi yang sesuai (dari kategori fakultas teknik / informatika)
      2. Calon peserta alih jalur akan diseleksi dengan pertimbangan kondisi calon, seperti:
        1. Kesesuaian jurusan/program studi
        2. Indeks prestasi kumulatif ≥ 2,50 (apabila IP < 2,50, sebelum mendaftar harus membuat surat permohonan untuk alih jalur ke Puket I dan disetujui)
        3. Transkrip nilai
      3. Mata kuliah yang diselesaikan bagi mahasiswa alih jalur adalah mata kuliah tingkat sarjana, termasuk mata kuliah wajib pada jenjang sarjana pada tingkat bawahnya. Sebagai bahan pertimbangan, beban mata kuliah yang harus diambil oleh setiap peserta dikaitkan dengan bobot mata kuliah D-3 dan tingkat kesetaraan mata kuliah
      4. Beban studi yang dapat diambil untuk pertama kali maksimal 21 SKS
      5. Pembayaran SPP Untuk Alih Jalur dari Luar disesuaikan dengan mahasiswa baru dengan Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA)
      6. Bagi mahasiswa alih jalur dari dalam, tidak dikenakan SPA dan besaran SPP Tetap dan variabel
  3. Pindahan
  4. Mahasiswa pindahan adalah mahasiswa dari luar STMIK AKAKOM atau dari STMIK AKAKOM yang pindah ke STMIK AKAKOM dan yang bersangkutan belum dinyatakan lulus.

      SYARAT
      1. Berasal dari jurusan/program studi yang sesuai
      2. Bersedia menerima hasil evaluasi nilai (anfulen) yang telah disesuaikan dengan kurikulum STMIK AKAKOM (Mata kuliah yang diakui adalah mata kuliah yang materinya sama/setara dengan jenjang/jurusan baru dan proses anfulen ini dilakukan oleh Ketua Jurusan)
      3. Untuk mahasiswa Pindahan dari dalam, SPP disesuaikan dengan mahasiswa baru dan tanpa Sumbangan Pengembangan Akademik
      4. Untuk mahasiswa Pindahan dari Luar, SPP dan SPA disesuaikan dengan mahasiswa baru
      5. Untuk mahasiswa pindah ke jenjang yang lebih tinggi (D-3 ke S-1) IP kumulatif minimal 2,50

Lain-lain

Pengembalian biaya pendidikan tidak termasuk biaya pendaftaran yang telah dibayarkan hanya berlaku untuk calon mahasiswa yang mengundurkan diri karena di terima di PTN melalui jalur SNMPTN dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pengembalian biaya sebesar 75 % dari biaya pendidikan yang telah dibayarkan
  2. Calon mahasiswa membuat surat permohonan yang ditujukan kepada Ketua STMIK AKAKOM YOGYAKARTA dengan melampirkan:
  3. - Bukti asli telah diterima di PTN jalur SNMPTN
    - 1 lembar fotocopy bukti pembayaran biaya pendidikan ke STMIK AKAKOM

  4. Realisasi pencairan dana 5 hari setelah surat permohonan lengkap dengan lampiran diserahkan ke tempat pendaftaran
  5. Pengambilan uang dilayani pada hari jam kerja di Subbag. Keuangan

Syarat dan Jalur

JALUR MASUK

  1. PROGRAM UNGGULAN
  2. Merupakan program penerimaan mahasiswa baru yang seleksi penerimaannya didasarkan pada prestasi Calon Mahasiswa di bangku SMA/SMK/MA dan yang sederajat. Calon Mahasiswa yang diterima melalui program ini tidak perlu mengikuti ujian dan akan mendapatkan pengurangan Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA). Daftar potongan/diskon SPA dapat dilihat pada bagian SISTEM DISKON DAN POTONGAN SPA

    • KETENTUAN UMUM
      1. Terbuka untuk semua program studi di STMIK AKAKOM
      2. Terbuka bagi siswa SMA/SMK/MA dan yang sederajat untuk tahun kelulusan 2018 dan maksimal dua tahun sebelumnya
      3. Pendaftaran ditutup apabila kuota program studi telah terpenuhi
      4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah)
      5. Memenuhi salah satu kriteria
        1. Rangking Sekolah
        2. Selama di kelas X dan XI (Semester 1 sd. 4) menempati minimal ranking 5 di sekolahnya dengan melampirkan surat dari sekolah
        3. Nilai Rapor
        4. Nilai rapor di kelas X dan XI minimal sama dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan, yaitu minimal rata rata rapor di semester 1- 4 adalah minimal 75
        5. Nilai UN
        6. Calon mahasiswa harus mempunyai rata rata nilai UN diatas 7,00
        7. Prestasi Non Akademik
        8. Mempunyai sertifikat minimal juara III pada suatu perlombaan atau kejuaraan minimal tingkat kabupaten dibuktikan dengan fotocopy sertifikat
          Merupakan atlet yang berprestasi di SEAGAMES, ASIAN GAMES dan OLIMPIADE
    • SYARAT PENDAFTARAN
      1. Jalur Ranking
        1. Surat rekomendasi dari pihak sekolah yang menyatakan rangking kelas selama di kelas X dan XI (Semester 1 sd. 4) menempati minimal ranking 5
        2. Untuk lulusan SMA hanya berlaku bagi jurusan IPA sementara bagi lulusan SMK hanya berlaku untuk Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika (Kompetensi Tenik Komputer & Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia)
      2. Jalur Rapor
      3. Fotocopy rapor di semester 1- 4 yang dilegalisir oleh sekolah
      4. Jalur UN
      5. Fotocopy Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional yang dilegalisir oleh sekolah
      6. Jalur Non Akademik
        1. Fotocopy sertifikat minimal juara III pada suatu perlombaan atau kejuaraan minimal tingkat kabupaten
        2. Piagam/bukti sebagai atlet yang mengikuti SEAGAMES, ASIAN GAMES dan OLIMPIADE

  3. PROGRAM KHUSUS
  4. Program Khusus merupakan penerimaan mahasiswa baru dengan seleksi ujian tertulis atau CBT yang meliputi tes kemampuan belajar (kemampuan verbal, penalaran, kuantitatif dan Bahasa Inggris). Tes dilakukan sebelum pengumuman kelulusan SMA/SMK/MA yang dilakukan di sekolah yang telah bekerjasama dengan STMIK AKAKOM sesuai jadwal yang disepakati.

    • KETENTUAN UMUM
      1. Terbuka bagi siswa SMA/SMK/MA tahun kelulusan 2018 dan maks 2 tahun sebelumnya
      2. Terbuka untuk semua program studi di STMIK AKAKOM
    • SYARAT PENDAFTARAN
      1. Pas foto 3x4 sebanyak 2 lembar
      2. Membayar biaya pendaftaran sebanyak Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah)
      3. Mengikuti seleksi yang dilakukan STMIK AKAKOM di sekolah

  5. PROGRAM REGULER
  6. Merupakan program penerimaan mahasiswa baru dengan seleksi ujian tertulis meliputi tes kemampuan belajar (kemampuan verbal, penalaran, kuantitatif dan Bahasa Inggris). Periode pendaftaran adalah mulai mulai 15 Desember 2017 – 16 Agustus 2018. Proses pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui pmb.akakom.ac.id maupun langsung di STMIK AKAKOM. Seleksi dilakukan di STMIK AKAKOM dengan sistem Computer Based Test (CBT) mengikuti jadwal yang telah ditetapkan.
    Calon mahasiswa yang pernah mendaftarkan diri dan tidak lolos seleksi pada tahun lalu/sebelumnya dapat mendaftar lagi pada tahun ini.

    • KETENTUAN UMUM
      1. Terbuka untuk semua program studi di STMIK AKAKOM
      2. Terbuka bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat untuk seluruh tahun kelulusan
    • SYARAT PENDAFTARAN
      1. Pas foto 3x4 sebanyak 2 lembar
      2. Membayar biaya pendaftaran sebanyak Rp 200.000 (dua ratus ribu rupiah)

Info Biaya

Komponen Biaya

Komponen biaya kuliah meliputi biaya Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA), SPP (SPP tetap dan SPP Variabel), Biaya Sertifikasi NIIT

  1. SPA (Sumbangan Pengembangan Akademik) yang dibayar 1x selama menjadi mahasiswa dan dapat diangsur 4x dalam 2 semester, masing-masing 40%, 10%,40% dan 10%.
  2. SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan) per semester yang terdiri dari:
    1. SPP Tetap yang dibayarkan setiap awal semester yang mana besarannya tetap selama kuliah
    2. SPP Variabel baik Teori dan Praktikum yang dibayarkan setiap selesai pengisian KRS, yang besarannya disesuaikan dengan julam SKS yang diambil
  3. Biaya Sertifikasi NIIT adalah biaya sertifikasi dari NIIT untuk web programming dan bahasa inggris yang harus dibayarkan selama satu kali masa studi dan dibayarkan tiap semesternya (dalam 5 semester pertama)
  4. Biaya kemahasiswaan meliputi pembuatan jas almamater, kartu mahasiswa dan kegiatan Pesona (orientasi kampus) sebesar Rp 500.000,-

Tabel Biaya Kemahasiswaan

Nama Biaya Total
JAS ALMAMETER, KARTU MAHASISWA, ACARA PESONA 500.000

Tabel Biaya SPP

Program Studi SPP Tetap SPP Variabel
Teori Praktikum
Teknik Informatika – S1 1.500.000 90.000 (kelas reguler) 170.000 (kelas reguler)
100.000 (kelas malam) 180.000 (kelas malam)
Sistem Informasi - S1 1.500.000 90.000 (kelas reguler) 170.000 (kelas reguler)
100.000 (kelas malam) 180.000 (kelas malam)
Teknik Komputer - D3 3.000.000
Manajemen Informatika - D3 3.000.000
Komputerisasi Akuntansi - D3 3.000.000

Sertifikasi NIIT

Jurusan Biaya NIIT
Teknik Informatika – S1 6.250.000
Sistem Informasi - S1 6.250.000
Teknik Komputer - D3 2.625.000
Manajemen Informatika - D3 6.250.000
Komputerisasi Akuntansi - D3 6.250.000

Tabel Biaya SPA

Jurusan Kelas Reguler Kelas Sore-Malam
Teknik Informatika - S1 16.000.000 17.000.000
Sistem Informasi - S1 15.000.000 16.000.000
Teknik Komputer - D3 13.000.000  
Manajemen Informatika - D3 12.000.000  
Komputerisasi Akuntansi - D3 12.000.000  

Tabel Diskon SPA

Jenis Prestasi Nilai Prestasi Diskon Keterangan
Rangking 5 Besar Jurusan IPA/ SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika 80 < 85 50% Nilai rata rata raport semester 1-4 diatas 80 dan selalu masuk 5 besar
85 < 90 70%
≥ 90 100%
Rata rata UN 7,00 < 8,00 20% Rata rata nilai Ujian Nasional
8,00 < 9,00 30%
≥ 9,00 50%
Rata rata nilai rapor 65 < 70 -- Ikut matrikulasi
70 < 75 5%
75 < 80 10% -
80 < 85 20%
85 < 90 30%
≥ 90 50%
Prestasi Non Akademik Tingkat Kabupaten 10% Minimal juara 3 dan dibuktikan dengan sertifikat/piagam
Tingkat Propinsi 20%
Tingkat Nasional 30%
Tingkat Internasional 50%
Atlet SEAGAMES, ASEAN GAMES, OLIMPIADE 100% Mengikuti/berpartisipasi
Kemitraan (SISWA PKL) 2.000.000
Catatan
  • Potongan tidak dapat digabungkan, cukup memilih 1 (satu) jenis prestasi yang besaran potongannya tertinggi

Beasiswa

  1. PROGRAM BEASISWA YAYASAN WIDYA BAKTI
  2. Program ini akan memberikan beasiswa berupa bebas Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA) dan biaya kuliah selama semester berikutnya dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak STMIK AKAKOM

    • KETENTUAN UMUM
      1. Terbuka untuk semua program studi yang ada kecuali kelas Karyawan
      2. Program Beasiswa merupakan program penerimaan mahasiswa baru tanpa tes masuk dikhususkan bagi siswa-siswi SMA berjurusan IPA atau SMK dengan Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika.
      3. Terbuka bagi siswa SMA/SMK/MA dan sederajat lulusan tahun ajaran 2018 atau maksimal 2 tahun sebelumnya
      4. Pendaftar yang diterima program ini tidak bisa mendaftar pada Program Bidikmisi
      5. Tidak dipungut biaya pendaftaran (gratis)
    • SYARAT PENDAFTARAN
      1. Termasuk dalam (minimal) ranking 3 di kelasnya
      2. Rekomendasi dari sekolah untuk mendapatkan beasiswa karena kesulitan ekonomi
      3. Slip gaji dari instansi tempat orang tua bekerja / surat keterangan penghasilan orang tua yang harus diketahui RT / RW
      4. Surat keterangan aktif dalam kegiatan di sekolah
      5. Beasiswa akan dievaluasi setiap semester
      6. Sehat jasmani dan rohani

  3. PROGRAM BEASISWA BIDIK MISI
  4. Pemerintah RI menyediakan beasiswa bagi siswa yang kurang mampu secara ekonomi. STMIK AKAKOM ditunjuk oleh pemerintah sebagai salah satu PTS yang dapat menerima dan mengelola beasiswa ini. Keterangan lanjut dapat dilihat di bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id atau di website STMIK AKAKOM.

Sekilas STMIK Akakom

SEKOLAH TINGGI Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan di bawah Yayasan Pendidikan Widya Bakti. Pada saat sekarang ini SEKOLAH TINGGI Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM lebih dikenal dengan STMIK AKAKOM, lahir pada 30 Juni 1979 Selain keinginan menumbuhkembangkan misi untuk menyebarluaskan informasi serta teknologi komputer, STMIK AKAKOM selalu mengupayakan kepada mahasiswa agar mendapatkan kesempatan yang luas untuk mengembangkan kreativitas serta inovasi yang didukung dengan peralatan modern dan teknologi informasi. Melalu Tridharma Perguruan Tinggi STMIK AKAKOM memiliki visi dan misi mencetak tenaga – tenaga profesional di bidang informatika dan komputer. Dengan semboyan Code for Life dan berprinsip pada “Yang Pertama dan Utama”, Perguruan Tinggi STMIK AKAKOM telah memiliki 5 program studi yang dipersiapkan untuk mencetak lulusan yang berintegritas dalam bidang akademis untuk lebih mengembangkan ilmu teknologi dan informatika.

Fasilitas kampus
  • Laboratorium Terpadu 4 Lantai
  • Perpustakan
  • Klinik Mahasiswa
  • Student Lounge
  • Akses Internet tanpa kabel (WiFi)
  • Auditorium Olahraga (Bale Lantip)