STMIK AKAKOM

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019/2020

Khusus pendaftaran online, STMIK AKAKOM memberikan kesempatan untuk Gratis Biaya Pendaftaran, Bebas Tes, dan BEASISWA PENDIDIKAN hingga Rp 8.000.000 untuk pendaftaran dan registrasi pada bulan Oktober 2018.
Manfaatkan kesempatan meraih pendidikan komputer terbaik di Kota Pelajar Yogyakarta.
Info lebih lanjut, silakan hubungi kami di 0817 410 6654 atau 0815 7552 1064.

Daftar Sekarang!

TEKNIK INFORMATIKA (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Rekayasa Perangkat dan Sistem Cerdas

SISTEM INFORMASI (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Sistem informasi Bisnis dan Sistem informasi Manajemen

MANAJEMEN INFORMATIKA (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Sistem informasi Bisnis berbasis desktop dan multimedia

TEKNIK KOMPUTER (Terakreditasi B)

Konsentrasi di jaringan komputer dan Mikrokontroller

KOMPUTERISASI AKUNTANSI (Terakreditasi B)

Konsentrasi di Sistem Informasi Akuntansi

Info Pendaftaran

STMIK AKAKOM Yogyakarta menerima mahasiswa baru untuk tahun akademik 2019/2020 yang dapat dilakukan secara online melalui pmb.akakom.ac.id atau datang langsung ke Kampus STMIK AKAKOM Yogyakarta
Jl Raya Janti No 143 Karang Jambe Yogyakarta 55198.

PERIODE AWAL AKHIR
GELOMBANG KHUSUS Senin, 15 Oktober 2018 Sabtu, 13 April 2019

Informasi

  • Biaya pendaftaran mahasiswa Baru adalah sebesar Rp. 200.000 (Dua Ratus Ribu rupiah)

Jalur Pendaftaran

  1. Jalur Unggulan
  2. Jalur unggulan merupakan jalur masuk dengan menggunakan prestasi akademik yaitu

    a) Jalur Raport, dengan syarat minimal nilai Rata Rata raport pada semester 1 – 4 adalah minimal 7,00. Calon yang melalui memenuhi syarat jalur ini tidak diwajibkan mengikuti tes seleksi masuk mahasiswa baru

    b) Jalur UN, dengan syarat minimal nilai rata rata UN adalah 6,50. Calon yang melalui memenuhi syarat jalur ini tidak diwajibkan mengikuti tes seleksi masuk mahasiswa baru

  3. Jalur Khusus/ Prestasi Non Akademik
  4. Jalur ini merupakan jalur khusus yang diberikan kepada mahasiswa atas dasar kerjasama antara STMIK AKAKOM dengan asal sekolah (SMA/SMK/MA) calon mahasiswa (kemitraan) atau calon yang memiliki prestasi diluar sekolah baik olahraga, seni atau lainnya yang ditunjukkan dengan sertifikat kejuaraan.
  5. Jalur Reguler
  6. Jalur reguler adalah jalur masuk STMIK AKAKOM melalui tes tertulis. Tes masuk dilakukan di kampus setiap hari pada jam kerja dengan sistem CBT (Computer Based Test). Pengumuman kelulusan dilakukan saat itu juga.

Pendaftaran Ulang (Registrasi)

Registrasi dilakukan setelah calon mahasiswa dinyatakan diterima di STMIK AKAKOM Yogyakarta dan melakukan pembayaran biaya pendidikan tahap 1. Kemudian calon diwajibkan untuk melengkapi dokumen berikut:

  • 2 lembar fotocopy IJAZAH SMU/ SMK/ MA yang telah di legalisir
  • 2 lembar fotocopy NILAI UJIAN SMU/ SMK/ MA yang telah dilegalisir
  • 2 lembar fotocopy AKTE KELAHIRAN yang telah dilegalisir
  • 1 lembar pas foto ukuran 2 x 3 berwarna
  • 3 lembar pas foto ukuran 3 x 4 berwarna
  • 2 lembar pas foto ukuran 3 x 4 hitam putih
  • 2 lembar fotocopy SURAT KETERANGAN PINDAH bagi mahasiswa pindahan dari luar STMIK AKAKOM
  • 1 buah materai @ 6000
  • Surat bebas narkoba (dengan tes urine)
  • 2 lembar fotocopy IJAZAH dari Perguruan Tinggi Asal yang telah di legalisir bagi ALIH JALUR
  • 2 lembar fotocopy transkrip nilai terakhir dari Perguruan Tinggi Asal yang telah di legalisir bagi ALIH JALUR dan PINDAHAN
  • 1 Lembar Fotokopi Kartu Keluarga
  • Khusus WNA (Warga Negara Asing), memberikan fotocopy Paspor dan memberikan jaminan (diatur dengan ketentuan tersendiri)

Alih Jalur dan Pindahan

  1. Alih Jalur
  2. Mahasiswa alih jalur adalah mahasiswa pindah jenjang dari D-3 STMIK AKAKOM (dalam) atau bukan STMIK AKAKOM (luar) ke S-1 STMIK AKAKOM, dan yang bersangkutan telah dinyatakan lulus D3.

      SYARAT
      1. Telah lulus D-3 dengan jurusan/program studi yang sesuai (dari kategori fakultas teknik / informatika)
      2. Calon peserta alih jalur akan diseleksi dengan pertimbangan kondisi calon, seperti:
        1. Kesesuaian jurusan/program studi
        2. Indeks prestasi kumulatif ≥ 2,75 (apabila IP < 2,75, sebelum mendaftar harus membuat surat permohonan untuk alih jalur ke Waket I dan disetujui)
        3. Transkrip nilai
      3. Mata kuliah yang diselesaikan bagi mahasiswa alih jalur adalah mata kuliah tingkat sarjana, termasuk mata kuliah wajib pada jenjang sarjana pada tingkat bawahnya. Sebagai bahan pertimbangan, beban mata kuliah yang harus diambil oleh setiap peserta dikaitkan dengan bobot mata kuliah D-3 dan tingkat kesetaraan mata kuliah
      4. Beban studi yang dapat diambil untuk pertama kali maksimal 21 SKS
      5. Pembayaran SPP Untuk Alih Jalur dari Luar disesuaikan dengan mahasiswa baru dengan tahun masuk
      6. Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA) untuk alih jalur mengikuti kebijakan yang ditetapkan saat pendaftaran

    * Bagi mahasiswa alih jalur dari dalam, dikenakan SPA 25% dari SPA mahasiswa baru dan besaran SPP Tetap dan variabel disesuaikan dengan besaran SPP saat tahun masuk. Sedangkan mahasiswa alih jalur dari luar dikenakan SPA 50% dari SPA mahasiswa baru dan besaran SPP Tetap dan variabel disesuaikan dengan besaran SPP saat tahun masuk.

  3. Pindahan
  4. Mahasiswa pindahan adalah mahasiswa dari luar STMIK AKAKOM atau dari STMIK AKAKOM yang pindah ke STMIK AKAKOM dan yang bersangkutan belum dinyatakan lulus.

      SYARAT
      1. Berasal dari jurusan/program studi yang sesuai
      2. Bersedia menerima hasil evaluasi nilai (anfulen) yang telah disesuaikan dengan kurikulum STMIK AKAKOM (Mata kuliah yang diakui adalah mata kuliah yang materinya sama/setara dengan jenjang/jurusan baru dan proses anfulen ini dilakukan oleh Ketua Jurusan)
      3. Untuk mahasiswa Pindahan dari dalam, SPP disesuaikan dengan mahasiswa baru dan tanpa Sumbangan Pengembangan Akademik
      4. Untuk mahasiswa Pindahan dari Luar, SPP dan SPA disesuaikan dengan mahasiswa baru
      5. Untuk mahasiswa pindah ke jenjang yang lebih tinggi (D-3 ke S-1) IP kumulatif minimal 2,75

    * Bagi mahasiswa pindahan, dikenakan SPA sesuai kebijakan saat pendaftaran (bergantung kepada lama studi yang masih harus ditempuh) dan besaran SPP Tetap dan variabel disesuaikan dengan besaran SPP saat tahun masuk

Lain-lain

Pengembalian biaya pendidikan tidak termasuk biaya pendaftaran yang telah dibayarkan hanya berlaku untuk calon mahasiswa yang mengundurkan diri karena di terima di PTN melalui jalur SNMPTN/SBMPTN dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pengembalian biaya sebesar 50 % dari biaya pendidikan yang telah dibayarkan
  2. Calon mahasiswa membuat surat permohonan yang ditujukan kepada Ketua STMIK AKAKOM YOGYAKARTA dengan melampirkan:
  3. - Bukti asli telah diterima di PTN jalur SNMPTN
    - 1 lembar fotocopy bukti pembayaran biaya pendidikan ke STMIK AKAKOM

  4. Realisasi pencairan dana 5 hari setelah surat permohonan lengkap dengan lampiran diserahkan ke tempat pendaftaran
  5. Pengambilan uang dilayani pada hari jam kerja di Subbag. Keuangan

Syarat dan Jalur

JALUR PENDAFTARAN

    Jalur pendaftaran mahasiswa baru di STMIK AKAKOM dibagi menjadi beberapa jalur yaitu :
  1. Jalur Unggulan
  2. Jalur unggulan merupakan jalur masuk dengan menggunakan prestasi akademik yaitu
    1. Jalur Raport, dengan syarat minimal nilai Rata Rata raport pada semester 1 – 4 adalah minimal 7,00. Calon yang melalui memenuhi syarat jalur ini tidak diwajibkan mengikuti tes seleksi masuk mahasiswa baru
    2. Jalur UN, dengan syarat minimal nilai rata rata UN adalah 6,50. Calon yang melalui memenuhi syarat jalur ini tidak diwajibkan mengikuti tes seleksi masuk mahasiswa baru
  3. Jalur Khusus/ Prestasi Non Akademik
  4. Jalur ini merupakan jalur khusus yang diberikan kepada mahasiswa atas dasar kerjasama antara STMIK AKAKOM dengan asal sekolah (SMA/SMK/MA) calon mahasiswa (kemitraan) atau calon yang memiliki prestasi diluar sekolah baik olahraga, seni atau lainnya yang ditunjukkan dengan sertifikat kejuaraan.
  5. Jalur Reguler
  6. Jalur reguler adalah jalur masuk STMIK AKAKOM melalui tes tertulis yang dilaksanakan di kampus setiap hari pada jam kerja menggunakan sistem CBT (Computer Based Test) dengan alokasi waktu maksimal 60 menit. Hasil tes diumumkan setelah pelaksanaan.

    - Materi tes meliputi kemampuan belajar (kemampuan verbal, penalaran, kuantitatif dan Bahasa Inggris)
    - Tes dilakukan setiap hari kerja (Senin – Jumat) pukul 08.00 – 15.00 WIB. di kampus STMIK AKAKOM, Jl Raya Janti No 143, Bantul, D.I Yogyakarta 55198 ataupun online

Info Biaya

Komponen Biaya Pendidikan

Komponen biaya kuliah meliputi biaya Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA), SPP (SPP tetap dan SPP Variabel), serta biaya kemahasiswaan.

  1. SPA (Sumbangan Pengembangan Akademik) yang dibayar 1x selama menjadi mahasiswa dan dapat diangsur 4x dalam 2 semester, masing-masing 40%, 10%,40% dan 10%.
  2. SPP (Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan) per semester yang terdiri dari:
    1. SPP Tetap yang dibayarkan setiap awal semester yang mana besarannya tetap selama kuliah
    2. SPP Variabel baik Teori dan Praktikum yang dibayarkan setiap selesai pengisian KRS, yang besarannya disesuaikan dengan julam SKS yang diambil
  3. Biaya kemahasiswaan meliputi pembuatan jas almamater, kartu mahasiswa dan kegiatan Pesona (orientasi kampus) sebesar Rp 500.000,-

Tabel Biaya Kemahasiswaan

Nama Biaya Total
JAS ALMAMETER, KARTU MAHASISWA, ACARA PESONA 500.000

Besaran Biaya Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP)

Program Studi SPP Tetap SPP Variabel
Teori Praktikum
Teknik Informatika – S1 Rp 1.500.000 Rp 90.000 (kelas reguler) Rp 170.000 (kelas reguler)
Sistem Informasi - S1 Rp 1.500.000 Rp 90.000 (kelas reguler) Rp 170.000 (kelas reguler)
Teknik Komputer - D3 Rp 3.000.000
Manajemen Informatika - D3 Rp 3.000.000
Komputerisasi Akuntansi - D3 Rp 3.000.000

Besaran Biaya Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA)

Jurusan Kelas Reguler
Teknik Informatika - S1 Rp 16.000.000
Sistem Informasi - S1 Rp 15.000.000
Teknik Komputer - D3 Rp 13.000.000
Manajemen Informatika - D3 Rp 12.000.000
Komputerisasi Akuntansi - D3 Rp 12.000.000
KETENTUAN BIAYA KULIAH
  1. SPA dapat diangsur selama 4 kali dalam tahun pertama dengan ketentuan sebagai berikut :
  2. - Tahap pertama sebesar 40%
    - Tahap kedua sebesar 10%
    - Tahap ketiga sebesar 40%
    - Tahap keempat sebesar 10%
  3. Waktu pembayaran angsuran akan ditentukan saat registrasi
  4. Calon mahasiswa yang diterima melalui program unggulan mendapat keringanan biaya SPA sesuai ketentuan yang berlaku.
  5. Keringanan khusus berupa:
  6. - Pengurangan SPA bagi calon mahasiswa yang mempunyai saudara kandung/orang tua lulusan (alumni) atau yang masih berkuliah di STMIK AKAKOM sebesar Rp 1.000.000,-
    - Pengurangan sebesar Rp 500.000,- yang dipotong langsung pada saat pembayaran/transfer apabila melakukan pembayaran SPA secara LUNAS. Keringanan khusus tidak berlaku bagi calon mahasiswa yang diterima melalui jalur Beasiswa serta jalur yang lain
  7. Untuk Registrasi Awal cukup membayar Rp. 2.000.000 terlebih dahulu dari angsuran 1 maksimal 7 hari dari dinyatakan diterima, lalu sisanya dibayarkan maksimal 30 hari kemudian dari tanggal dinyatakan diterima.
  8. Biaya kemahasiswaan meliputi pembuatan jas almamater, kartu mahasiswa dan kegiatan Pesona (orientasi kampus) sebesar Rp 500.000,-
  9. Biaya belum diperhitungkan dengan biaya : sertifikasi, PKL (Praktek Kerja Lapangan), KKL (Kuliah Kerja Lapangan), penelitian untuk penyusunan skripsi dan Wisuda.

Beasiswa

STMIK AKAKOM Yogyakarta memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi. Beasiswa yang disediakan ada 2 yaitu

  1. Jalur Beasiswa Bidikmisi
  2. Jalur ini memberikan beasiswa penuh berupa pembebasan biaya kuliah kepada calon mahasiswa baru dengan ketentuan jadwal dan syarat pendaftaran mengacu pada halaman web BIDIKMISI. Seleksi dilakukan dengan melihat pada nilai UN dan Raport serta syarat pendukung lain.
  3. Jalur Beasiswa Yayasan
  4. Jalur ini memberikan beasiswa penuh berupa pembebasan biaya gedung dan SPP tiap semester kepada calon mahasiswa baru dengan ketentuan

    - Merupakan lulusan SMA/SMK/MA dalam 2 (dua) tahun terakhir.
    - Memiliki nilai Raport semester 1- 4 rata rata 7,50
    - Berasal dari keluarga tidak mampu ditunjukan dengan surat keterangan tidak mampu
    - Bersedia untuk memiliki indeks prestasi semester minimal 3,50

Sekilas STMIK Akakom

SEKOLAH TINGGI Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan di bawah Yayasan Pendidikan Widya Bakti. Pada saat sekarang ini SEKOLAH TINGGI Manajemen Informatika dan Komputer AKAKOM lebih dikenal dengan STMIK AKAKOM, lahir pada 30 Juni 1979. Selain keinginan menumbuhkembangkan misi untuk menyebarluaskan informasi serta teknologi komputer, STMIK AKAKOM selalu mengupayakan kepada mahasiswa agar mendapatkan kesempatan yang luas untuk mengembangkan kreativitas serta inovasi yang didukung dengan peralatan modern dan teknologi informasi. Melalui Tridharma Perguruan Tinggi STMIK AKAKOM memiliki visi dan misi mencetak tenaga – tenaga profesional di bidang informatika dan komputer. Dengan semboyan Code for Life dan berprinsip pada “Yang Pertama dan Utama”, Perguruan Tinggi STMIK AKAKOM telah memiliki 5 program studi yang dipersiapkan untuk mencetak lulusan yang berintegritas dalam bidang akademis untuk lebih mengembangkan ilmu teknologi dan informatika.

Fasilitas kampus
  • Laboratorium Terpadu 4 Lantai
  • Perpustakan
  • Klinik Mahasiswa
  • Student Lounge
  • Akses Internet tanpa kabel (WiFi)
  • Auditorium Olahraga (Bale Lantip)