Info Beasiswa


STMIK AKAKOM Yogyakarta memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi. Beasiswa diberikan pada saat sebelum menjadi mahasiswa (pendaftaran) dan beasiswa yang diberikan setelah menjadi mahasiswa. Beasiswa yang disediakan pada saat sebelum menjadi mahasiswa (pendaftaran)  ada 2 yaitu

BEASISWA KARTU INDONESIA PINTAR - KULIAH (KIP-K)

Berdasarkan UU No 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pemerintah Indonesia berkewajiban meningkatkan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi serta menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Oleh karena itu Pemerintah akan selalu berupaya untuk menjamin, bahwa anak Indonesia yang kurang mampu terutama yang memiliki prestasi akan dapat terus menempuh pendidikan hingga jenjang kuliah melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

PIP adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan. Hal ini  menjadi dasar komitmen pemerintah yang menempatkan akses pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat sebagai salah satu prioritas pembangunan.

Melalui PIP di tahun 2020, pemerintah memberikan bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi termasuk penyandang disabilitas dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah sebagai bukti kehadiran negara untuk membantu warganya memperoleh hak pendidikan tinggi. KIP Kuliah akan menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan ekonomi dan akademik. KIP Kuliah bagi mahasiswa Afirmasi akan diatur dengan pedoman dan ketentuan tersendiri

Persyaratan

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Siswa SMA/SMK/MA dan sederajat yang telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya serta memiliki NISN, NPSN, dan NIK yang valid
  3. Belum tercatat sebagai mahasiswa di STMIK AKAKOM atau perguruan tinggi lain
  4. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  5. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria yang dibuktikan Siswa memiliki Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH) atau keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  6. Dalam hal mahasiswa belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KKS, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan :
    • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 4.000.000 (empat juta rupiah)per bulan dalam 1 (satu) tahun terakhir atau
    • Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) setiap bulannya
  7. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
  8. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah (jika ada)

Keunggulan KIP-K

  1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis serta seleksi lain) yang diusulkan oleh masing masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos)
  2. Pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi
  3. Bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700.000 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan.

Cara Pendaftaran

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps* (segera tersedia di Google Play Store)
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah** (NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kemensos. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan asset)
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi PTS MANDIRI dan memilih STMIK AKAKOM
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Lengkapi semua persyaratan yang diminta oleh sistem
  7. Siswa kemudian mempersiapkan syarat/dokumen untuk dikirim ke STMIK AKAKOM (lihat bagian BERKAS PENDAFTARAN) kemudian menunggu pengumuman. Lihat selalu jadwal pendaftaran 
  8. Apabila NIK pada saat mendaftar tidak sesuai dengan identitas anda atau pesan yang muncul NIK anda tidak terdaftar atau pesan tersebut muncul apabila saat proses pendaftaran NIK yang diinputkan oleh siswa berbeda dengan NIK yang tercatat di DAPODIK Kemendikbud. Mohon berkoordinasi dengan operator DAPODIK/EMIS sekolah masing-masing untuk melakukan perbaikan data tersebut di DAPODIK Kemendikbud
  9. Bagi pendaftar dengan tahun lulusan sebelum tahun berjalan (bukan 2020)  silakan lakukan pengajuan perbaikan di Verifikasi Validasi Peserta Didik Menengah Atas Lulusan
  10. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di STMIK AKAKOM melalui jalur KIP Kuliah, pengumuman akan dilakukan via email dan WhatsApp.
  11. Calon diwajibkan melakukan pendataan ulang ke STMIK AKAKOM secara daring melalui nomor kontak yang akan diberikan

Berkas Pendaftaran

  1. Kartu Peserta KIP Kuliah dicetak dari sistem laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  2. Formulir Peserta KIP-K tahun 2020 yang dicetak dari sistem laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  3. Fotocopy Raport semester 1 s.d. 6 yang dilegalisir oleh kepala sekolah
  4. Fotocopy Ijazah yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah (Jika belum ada dapat mengumpulkan Surat Keterangan Lulus (SKL))
  5. Fotocopy nilai UN yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah (Jika belum ada dapat mengumpulkan Surat Keterangan Lulus/ Surat Keterangan Nilai UN dari Sekolah atau dokumen lain yang menyatakan tentang nilai akhir siswa)
  6. Surat keterangan tentang prestasi/ peringkat siswa dikelas dan bukti lain di bidang akademis dan atau non akademis yang telah dilegalisir (jika ada)
  7. Print/Fotocopy Kartu Indonesia Pintar, Atau Kartu Peserta Program Keluarga Harapan, atau Kartu Keluarga Sejahtera.
  8. Jika tidak memiliki salah satu dari 3 Kartu tersebut atau dalam SIM KIP Kuliah keterangannya "Belum Terdata" maka wajib menyertakan Surat Keterangan dari PTS bahwa Mahasiswa tersebut memenuhi syarat dan Layak menerima KIP (Format surat akan dibuatkan oleh STMIK AKAKOM)
  9. Surat Keterangan Layak Sebagai Penerima KIP Kuliah dari PTS (Format surat akan dibuatkan oleh STMIK AKAKOM). Wajib ada jika mahasiswa tidak memiliki Kartu Indonesia Pintar/Kartu Peserta Program Keluarga Harapan/Kartu Keluarga Sejahtera atau di SIM KIP Kuliah Keterangannya "Belum Terdata"
  10. Surat keterangan penghasilan orangtua/wali yang dikeluarkan oleh Instansi tempat orang tua/ wali bekerja/ Kelurahan
  11. Screenshot/Print-out Keterangan Status DTKS pada SIM KIP Kuliah
  12. Fotocopy Kartu Keluarga
  13. Bagi pendaftar yang sudah yatim/ piatu/ yatim piatu, dapat melampirkan fotocopy surat/ akta kematian orang tua dari Desa/ Kelurahan setempat
  14. Foto Keluarga di depan rumah dan foto rumah/ tempat tinggal keluarga tampak depan, ruang tamu, dan dapur
  15. Fotocopy rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik).
  16. Bukti tagihan/pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran)

Dokumen diatas, WAJIB disusun sesuai dengan urutan diatas, dan dimasukan kedalam map coklat berkancing dengan identitas yang jelas dan disudut kanan atas ditulis jelas ”KIP Kuliah STMIK AKAKOM 2020” dan diserahkan langsung atau dikirimkan via pos kilat atau jasa kurir/pengiriman ditujukan kepada :

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA, Jl Majapahit (Raya Janti) No. 143, Karangjambe,
Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198.

Dokumen diatas juga di scan dan kemudian dibentuk dalam format PDF dengan nama file <Nama_Calon KIP-K  No_urut_syarat>. No_urut_syarat diambil sesuai urutan berkas pendaftaran.

Contoh :
  • Kuindra_Iriyanta KIP-K 1
  • Kuindra_Iriyanta KIP-K 2
  • dst

File dijadikan satu dengan aplikasi winrar atau winzip dengan nama file Nama_Lengkap KIP-K, lalu kirimkan via email ke cs@admisi.akakom.ac.id dengan subjek KIP-K 2020.

Dokumen pendaftaran diatas belum termasuk dengan dokumen/syarat pendaftaran untuk STMIK AKAKOM. Dokumen diatas hanya untuk pendaftaran KIP Kuliah

Jadwal Pendaftaran

No Tanggal
Tahapan
1 Pendaftaran KIP STMIK AKAKOM 20 Juli 2020 – 1 September 2020
2 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 3 September 2020
3 Kuliah Perdana 4 September 2020

*Jadwal sewaktu waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan

BEASISWA YAYASAN PENDIDIKAN WIDYA BAKTI

Jalur ini memberikan beasiswa penuh berupa pembebasan biaya gedung dan SPP tiap semester kepada calon mahasiswa baru dengan ketentuan  :

  1. Penerima beasiswa adalah warga negara Indonesia
  2. Penerima beasiswa adalah calon mahasiswa STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
  3. Beasiswa diberikan kepada calon mahasiswa untuk jenjang Diploma 3
  4. Beasiswa yang diberikan meliputi bebas Sumbangan Pengembangan Akademik.
  5. Penerima diwajibkan membayar SPP pada semester 1, sedangkan SPP pada semester 2 dan seterusnya ditentukan dengan Indeks Prestasi Semester (IPS)
  6. Penerima beasiswa harus memiliki Indeks Prestasi Semester (IPS) minimal 3.50 ditiap semesternya.
  7. Beasiswa tidak meliputi biaya Pendaftaran sebagai calon mahasiswa, biaya wisuda, biaya remidi (jika ada), biaya sertifikasi (NIIT, CISCO, ORACLE, DOT), outbound dan biaya lain lain yang ditimbulkan oleh proses perkuliahan
  8. Selama menerima beasiswa tidak diperkenankan menerima beasiswa lain dari manapun
  9. Selama menerima beasiswa tidak diperkenankan untuk melakukan cuti, atau mengundurkan diri dari STMIK AKAKOM
  10. Beasiswa hanya diberikan selama maksimal 6 semester, apabila melebihi, maka biaya kuliah pada semester 7 akan menjadi tanggungan mahasiswa

Syarat Pendaftaran

  1. Merupakan lulusan SMA/SMK/MA dalam 2 (dua) tahun terakhir.
  2. Memiliki nilai Raport semester 1- 4 rata rata 7,00
  3. Berasal dari keluarga tidak mampu ditunjukan dengan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan
  4. Bersedia untuk memiliki indeks prestasi semester minimal 3,50
  5. Memiliki surat rekomendasi/pengantar dari sekolah
  6. Memiliki sertifikat/prestasi tambahan sebagai pendukung

Cara Pendaftaran

  1. Calon mendaftarkan diri ke STMIK AKAKOM via Online di PMB.AKAKOM.AC.ID atau datang langsung ke STMIK AKAKOM
  2. Menyerahkan FotoCopy Raport semua semester yang telah di legalisir
  3. Menyerahkan Fotocopy SKHUN/SKL yang telah dilegalisir
  4. Menyerahkan surat keterangan tidak mampu
  5. Mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah yang dibuktikan dengan surat pengantar dari sekolah
  6. Dokumen diatas, WAJIB disusun sesuai dengan urutan diatas, dan dimasukan kedalam map coklat berkancing dengan identitas yang jelas dan disudut kanan atas ditulis jelas ”BEASISWA YAYASAN  STMIK AKAKOM 2020” dan diserahkan langsung atau dikirimkan via pos kilat atau jasa kurir/pemngiriman ditujukan kepada :
    Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru
    STMIK AKAKOM YOGYAKARTA, Jl Majapahit (Raya Janti) No. 143, Karangjambe,
    Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198.

  7. Bersedia mengikuti proses pendaftaran dan syarat yang telah ditetapkan di kampus STMIK AKAKOM sebagai calon mahasiswa baru termasuk seleksi jika diperlukan
  8. Pendaftaran untuk beasiswa Yayasan Pendidikan Widya Bakti selambat lambatnya 10 Agustus 2020.  Selanjutnya akan diseleksi dan diumumkan pada 17 Agustus 2020 melalui laman resmi web www.akakom.ac.id dan akun resmi media sosial STMIK AKAKOM

PENERIMAAN MAHASISWA BARU STMIK AKAKOM TAHUN AKADEMIK 2020/2021