Kelas Karyawan


STMIK AKAKOM yang merupakan sekolah tinggi komputer yang pertama dan utama di Yogyakarta senantiasa ingin memberikan suasana yang penuh dengan Teknologi Informasi (TI) di semua bidang kehidupan masyarakat sekaligus menjadi kampus kebanggaan di bidang TI di Yogyakarta. STMIK AKAKOM memiliki kemampuan yang handal dalam meluluskan Sarjana Komputer di bidang TI yang berdaya saing tinggi di bidangnya.

Lokasi kampus yang berada di jalan lingkar timur sangat mudah dicapai dari segala arah. Kampus STMIK AKAKOM juga dekat dengan bermacam fasilitas umum seperti bandara Adisucipto, terminal bus Giwangan, pusat perbelanjaan besar, pusat kegiatan pameran dan akses keluar kota yang mudah.

STMIK AKAKOM memiliki komitmen yang tinggi untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berdaya saing tinggi serta selalu mengembangkan diri dalam dunia global , maka STMIK AKAKOM telah menyusun kurikulum berbasis kompetensi dengan staf pengajar yang berkompeten di bidangnya dengan jenjang pendidikan S2 dan S3 lulusan dari dalam maupun luar negeri.

Perkembangan teknologi informasi yang cukup pesat mengakibatkan kebutuhan akan tenaga bidang TI yang cukup tinggi dan tidak menutup kemungkinan juga dibutuhkan lembaga yang dapat membantu para profesional dibidang TI untuk meningkatkan kompetensi di bidangnya. Sebagai bentuk tanggung jawab STMIK AKAKOM terhadap masyarakat, maka STMIK AKAKOM menyusun program pengembangan kerjasama bagi para profesional bidang TI untuk meningkatkan daya saing dan kompetensi di lingkungan profesinya. Wujud nyatanya adalah STMIK AKAKOM menyelenggarakan program kelas khusus bagi karyawan yang tidak memiliki waktu untuk melaksanakan perkuliahan pada waktu jam kerja.

Pemilihan STMIK AKAKOM sebagai tempat pendidikan bagi para karyawan yang ingin mengembangkan keahlian dan kompetensinya didasarkan pada 5 alasan, yaitu :

1. Terakreditasi BAN-PT
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) satu-satunya Badan Akreditasi yang diakui oleh pemerintah dan telah memberikan Akreditasi (penilaian) B untuk Institusi dan Program Studi di STMIK AKAKOM Yogyakarta. STMIK AKAKOM adalah perguruan tinggi yang melaksanakan program pendidikan sesuai dengan peraturan Kemristek Dikti dan tidak melaksanakan program kelas jauh.

2. Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan staf pengajar yang professional
Untuk menghasilkan lulusan yang profesional yang memiliki keunggulan dan daya saing serta selalu mengembangkan diri dalam masyarakat global, maka STMIK AKAKOM telah menyusun kurikulum berbasis kompetensi dengan staf pengajar yang professional di bidangnya dengan jenjang pendidikan S2 dan S3.

3. Kampus yang nyaman dengan fasilitas ruang kuliah yang memudahkan interaksi dosen dan mahasiswa dan
     dilengkapi akses internet.
4. Bekerjasama dengan lembaga bertaraf nasional maupun internasional.Menerapkan Multi Acces Learning dengan Teknologi Informasi
     yang akan mempermudah mahasiswa khususnya yang telah bekerja untuk memperoleh materi perkuliahan dan mengakses
     fasilitas pembelajaran.


RANCANGAN DAN MANAJEMEN AKADEMIK

1.VISI, MISI dan TUJUAN STMIK AKAKOM
1.1 VISI
Menjadi Perguruan Tinggi Teknologi Informasi, dan Komunikasi yang bersifat adaptif, berwawasan global, dan berlandaskan nilai-nilai luhur budaya bangsa.
1.2 MISI
Membangun sumber daya manusia  berdaya saing unggul dalam penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, berjiwa entrepreneur,  berbudipekerti luhur, dan berwawasan kebangsaan.
1.3 TUJUAN
STMIK AKAKOM memiliki tujuan dalam penyelenggaran pendidikan tinggi sebagai berikut,
a. terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi
b. terbentuknya lulusan yang unggul, tangguh, dan mandiri
c. terwujudnya teknologi informasi dan komunikasi yang dikembangkan dan disebarluaskan sebagai prasarana kehidupan modern, serta,d) turut serta dalam pembentukan masyarakat Indonesia yang maju, adil, dan sejahtera.

2. PEDOMAN
Guna mencapai tujuan seperti tersebut di atas, dalam menyelenggarakan kegiatan akademiknya STMIK AKAKOM berpedoman kepada :
a. Tujuan pendidikan nasional sebagaimana telah diatur di dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
b. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil
    Belajar Mahasiswa.
c. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.045/U/2002 tentang Kurikulum.
d. Statuta STMIK AKAKOM.
e. Rencana Strategis STMIK AKAKOM.

3. JENJANG DAN PROGRAM STUDI
Program kelas karyawan STMIK AKAKOM menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang S1 Sistem Informasi dan Teknik Informatika.

4. SISTEM PENDIDIKAN
1. Sistem pendidikan mengikuti sistem paket.Beban studi dan masa studi untuk program S1 kelas karyawan adalah sebagai berikut :
    Lulusan SMU/SMK yang sederajat :
    a. Masa studi : 8 semester (4 tahun)
    b. Beban studi (jumlah sks yang harus ditempuh) : 144 sks
2. Perencanaan maupun pelaksanaan kurikulum mengacu pada sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan sistem paket.

5. SUMBER DAYA
1. Tenaga Pendidik
STMIK AKAKOM memiliki kualitas tenaga pendidik yang sesuai dengan standar Kemristek Dikti dengan kualifikasi pendidikan S2 dan S3 di bidang Informatika dan Sistem Informasi dengan kompetensi di bidang Business Inteligence, Keamanan Jaringan, Cloud Computing, Sistem Infomasi Geografis, Mobile Computing dan bidang lain yang memiliki korelasi dengan kebutuhan di unit-unit kerja pemerintah maupun swasta.

2. Sarana dan Prasarana
2.1 Gedung kuliah : Perkuliahan dilaksanakan di kampus STMIK AKAKOM dengan ruang kuliah yang representatif. Sistem perkuliahan sudah dikelola dengan sistem terpadu secara online sehingga interaksi dosen dan mahasiswa tidak hanya dapat dilakukan secara tatap muka fisik tapi dapat dilakukan secara online. Gambaran ruang kelas yang akan digunakan tampak pada gambar berikut.

UPT Laboratorium merupakan sarana penunjang dalam kegiatan belajar mengajar terutama untuk kegiatan praktik. STMIK AKAKOM memiliki 12 laboratorium yang digunakan dengan penjadwalan tertentu. Laboratorium yang disediakan adalah :

1. Laboratorium Rangkaian Listrik
2. Laboratorium Komputer Dasar
3. Laboratorium Basis Data
4. Laboratorium Jaringan Komputer
5. Laboratorium Akuntansi
6. Laboratorium Internet
7. Laboratorium Peripheral
8. Laboratorium Pemrograman
9. Laboratorium Aplikasi
10. Laboratorium Multimedia
11. Laboratorium Bahasa

2.3 Perpustakaan
Perpustakaan menjadi sarana penunjang keberhasilan belajar mengajar. Koleksi buku dan jurnal nasional dan internasional menjadi sarana membantu mahasiswa dalam proses perkuliahan. Proses akses sudah dilakukan secara online secara on-line dan peminjaman menggunakan barcode system sehingga pelayanan menjadi lebih cepat.

SISTEM PEMBIAYAAN
Biaya pendidikan untuk program kelas karyawan dibayarkan dengan sistem pembayaran SPP per bulan (paling lambat pembayaran tanggal 5 setiap bulannya) dan biaya registrasi per semester. Pembayaran di tahun pertama harus dibayarkan 3 bulan terlebih dahulu ditambah biaya registrasi. Adapun rincian pembayaran yang dibayarkan hingga lulus jenjang S1 dirinci pada tabel simulasi biaya.

Simulasi Biaya Kelas Karyawan

Komponen QTY Harga jumlah
SPP per bulan 48 Rp 1.000.000 Rp 48.000.000
Biaya Registrasi/semester
8 Rp 500.000 Rp 4.000.000
Total Biaya Hingga Lulus
0
0
Rp 52.000.000

PENUTUP
Demikian penawaran kelas karyawan ini kami buat agar menjadi pertimbangan. Kami harap kerjasama ini akan terjalin dengan baik dan memberi manfaat bagi semua pihak.

Informasi lebih lanjut mengenai program Kelas Karyawan dapat menghubungi Contact Person :
a. Ariesta (081 328100 724) (WA only)
b. Kuindra (081 74106 654)

Atau dapat juga datang langsung ke kampus STMIK AKAKOM di Jalan Majapahit (Janti) 143 Yogyakarta pada hari dan jam kerja Senin – Jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB.

PENERIMAAN MAHASISWA BARU STMIK AKAKOM TAHUN AKADEMIK 2020/2021